Sabtu, 04 Mei 2013

Keuntungan dan Kelemahan letak Geografis Indonesia


Beberapa keuntungan yang diperoleh berdasarkan letak geografis Indonesia, antara lain sebagai berikut:
  1. Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra memungkinkan menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik lalu lintas udara maupun laut.
  2. Indonesia sebagai titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang. Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa.
Beberapa kelemahan yang diperoleh berdasarkan letak geografis Indonesia, antara lain sebagai berikut: 
a.       Dalam hal perbatasan, Indonesia sangat lemah. Dikatakan demikian karena buktinya dalam mempertahankan beberapa pulau yang masuk perbatasan di wilayah Indonesia, seperti Pulau Sepadan dan Ligitan,yang diklaim/diakui dan diperebutkan oleh Malaysia, yang pada akhirnya berujung pada pengadilan hukum internasional, Indonesia kalah. Hasil yang didapat adalah Indonesia terpaksa merelakan pulau-pulau tersebut untuk Malaysia. Kedaulatan Negara Indonesia seperti dipermalukan oleh dunia internasional mengenai hal itu.
b.      Dengan banyaknya wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lain, karena kurangnya kesadaran dan kepedulian di daerah perbatasan, akhirnya kondisi kehidupan di daerah perbatasan sangat miris dan ironis, berbeda dengan wilayah perbatasan negara lain yang berbatasan dengan wilayah Indonesia.
c.       Tanah di Indonesia mulai berkurang. Dikatakan demikian karena tanah di Indonesia mulai dikeruk untuk membangun kota di Singapura.Singapura adalah negara yang kecil, namun dalam jangka sepuluh tahun wilayahnya bertambah karena menimbun tanah untuk memperlebar wilayahnya dengan cara mengambil tanah dari pulau-pulau kecil di Indonesia.sehingga wilayah Indonesia menjadi berkurang.

2 komentar: