Selasa, 08 November 2011

TUGAS IBD 1


Menara Eiffel

Menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun Di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di paris. Yang merancang Menara Eiffel adalah seorang insinyur bernama Gustave Eiffel, oleh sebab itu dinamakan Menara Eiffle. Menara ini dibangun pada tahun 1887 untuk merayakan se-abad Revolusi Perancis, menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1890, dan dibuka untuk umum pada tanggal 6 Mei 1890. Tiga ratus pekerja menggabunggkan 18.083 bagian besi Benam( bentuk murni dari besi struktural ), menggunakan dua setengah juta paku dalam bentuk structural. Menara ini mendapatkan berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, yang dapat menggaggu mata jika orang lain melihatnya. Surat kabar harian Di Perancis dipenuhi dengan surat kritik dari masyarakat dan komunitas seni Di Paris.

Foto Gustave Eiffel                 

Menara Eiffel memiliki izin berdiri selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar pada tahun 1910, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya( bagian dari peraturan asli untuk merancang menara yg mudah diruntuhkan ), tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan keuntunggan dari segi komunikasi, Menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut sudah tidak ada/kadaluarsa. Militer Perancis menggunakan untuk mengatur di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenaggan dari pertempuran itu.

Besi-besi penyanggah menara

Ketika menara dibangun banyak orang, dikejutkan dengan banyak orang yang menentang untuk membangun menara ini, Eiffel di kritik untuk desainnya dan dipaksa mencoba merancang sesuatu yang berseni dari sisi pandang. Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitunggan Matematikayang tahan terhadap angin. Didasarkan pada pengimbanggan tekanan angin dari sisi apapun pada menara dengan keteganggan antara elemen-elemen  konstruksi pada waktu itu.

            Struktur dari menara ini memiliki tinggi 325 m ( 1063 kaki ) yang sama dengan bangunan konvesional bertingkat 81. Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton, sementara keseluruhan struktur termasuk komponen-komponennya berbobot 10.000 ton. Menara ini juga berayun 6-7 cm dalam suasana berangin. Menara Eiffel sudah menjadi Ikon Global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia, lebih dari Dua Ratus Juta orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya pada tahun 1887.

Menara Eiffel Oktober 2007         
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar